Tikar rotan berasal dari daerah ? Cek disini Jawabannya

tikar rotan kalimantanTikar rotan berasal dari daerah apa ya? Ternyata Tikar Rotan Berasal dari daerah Kalimantan yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Alhamdulillah sampai saat ini Tikar Lampit Rotan Asli Kalimantan masih bertahan meski zaman sudah modern. Hal ini dikarena bentuk dan etnik tradisional dari tikar rotan sangat membuat nyaman suasana ruangan kita.

Kami dari TikarRotan.com sebagai situs Official Produksi Tikar Lampit Rotan Kalimantan sangat bangga bagi para pecinta produk asli Indonesia ini karena hal ini membantu mensejahterakan para pengrajin lampit kami.

Lampit adalah kerajinan tangan khas masyarakat Kalimantan Selatan yang dibuat dengan cara mengolah jalinan batang-batang rotan menjadi sebuah tikar. Amuntai adalah kota di Kalimantan Selatan yang memang dikenal sebagai sentral industri kerajinan rotan seperti lampit. Kerajinan lampit telah menjadi tradisi masyarakat Kota Amuntai yang diwariskan secara turun temurun pada setiap generasinya. Namun sayangnya dibalik meledaknya permintaan ekspor lampit ke negara-negara Asia, ternyata warisan turun temurun ini mulai ditinggalkan karena adanya pergeseran
budaya, selain itu masih banyak masyarakat Indonesia belum mengenal apa itu Lampit, terutama generasi mudanya. Maka dari itu dibuat lah sebuah buku perancangan pengenalan Lampit tidak hanya membahas Lampit dari segi fungsional dan ragamnya, namun juga berbagai potensi yang ada didalam Lampit.

Bentuk Lampit Rotan yang sangat sederhana dan warnanya yang natural, sangat mudah untuk dikreasikan diberbagai sudut ruangan sesuai selera. Apabila ditempatkan diruang tamu akan menambah kesan keakraban antara pemilik rumah dan tamu yang berkunjung. Meskipun ruang tamu dilengkapi dengan sofa, namun adanya tikar lampit seolah memberi syarat kepada lantai untuk diduduki. Hal ini membuat ruangan terlihat menjadi lebih ‘merakyat’.

Bahan baku rotan ini pertama-tama dibelah menjadi dua sampai delapan bagian. Untuk pembuatan lampit, biasanya rotan dibelah hingga ukuran lima milimeter. Setelah itu lonjoran rotan dijemur hingga kering. Jika cuaca bagus, proses pengeringan biasanya hanya berlangsung satu hari

KLIK DISINI DAFTAR HARGA TIKAR ROTAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik Pesan Via Whats App